8/14/2010

MER-C Tak Yakin Ba`asyir Terlibat Terorisme

Ketua Medical Emergency Resque Commitee (MER-C) Jose Rizal Jurnalis yakin Abu Bakar Ba`asyir tak terlibat dalam kelompok jaringan teroris dan jihad yang menggunakan senjata api serta bom. "Sebab, ustaz paling tak setuju dengan aksi jihad seperti itu," Kata Jose Rizal di Mabes Polri Jakarta, Sabtu (14/8).
Jose Rizal Jurnalis kini merawat kesehatan Ba`asyir. Di usianya yang ke-72, Ba`asyir dianggap tak mungkin terlibat dalam pelatihan militer di Nanggroe Aceh Darussalam seperti dituduhkan Polri. "Tidak mungkin rasanya dia terlibat," lanjut Jose Rizal.
Kendati begitu, Jose Rizal tidak menepis jika Ba`asyir mendukung jihad di daerah yang berkonflik, seperti Afghanistan dan Palestina. Bukan di daerah yang damai. "Untuk daerah damai tak mungkinlah (berjihad-red)," lanjut Jose Rizal.
Mengenai latihan militer di Aceh, menurut Jose Rizal, itu adalah latihan terbuka. Semua orang tahu, termasuk aparat TNI dan warga sekitar. Jadi bukan latihan yang tersembunyi. Dia tidak bisa memastikan apakah Ba`asyir pernah datang ke latihan tersebut atau tidak

No comments: