8/03/2010

Penyelamatan Biota Laut ala Nabi Nuh



Kebocoran kilang minyak di Teluk Meksiko, Florida, Amerika Serikat (AS) membuat sejumlah ilmuwan cemas. Mereka khawatir tumpahan minyak itu akan mengancam keberadaan makhluk-makhluk laut.

Berangkat dari kekhawatiran tersebut, ahli hewan dan tumbuhan Jack Rudloe meluncurkan proyek penyelamatan biota laut bertajuk 'Operasi Bahtera Nabi Nuh'.

Ia memanfaatkan fasilitas laboratorium seluas 1,6 hektar miliknya untuk dijadikan cagar alam bagi lebih dari 350 spesimen berbeda, mulai dari udang, bintang laut, hingga hiu.

"Kita harus membawa sebanyak mungkin hewan ke sana (laboratorium) dan bila kondisi memungkinkan, kita bisa kembalikan beberapa dari mereka ke laut," kata Rudloe yang ketertarikannya terhadap Teluk Meksiko dan penduduknya sudah muncul sejak 40 tahun lalu.

Meski kilang minyak yang bocor telah ditutup sejak pertengahan Juli lalu dan hanya sedikit tumpahan minyak terlihat di Teluk Meksiko, Rudloe masih berkomitmen melakukan proyek ini. "Saya tidak percaya tumpahan minyak akan lenyap seluruhnya," kata Rudloe. "Tumpahan minyak itu masih di situ dan bisa saja satu atau dua tetes terkumpul dan sampai ke tempat ini saat badai."

Laboratorium Dickerson Bay milik Rudloe berjarak sekitar 32 kilometer dari area paling timur di mana minyak dilaporkan telah mencemari kawasan Panhandl di Florida. Namun, dia cemas kalau-kalau minyak bisa mencemari 50 tank di laboratoriumnya karena air asin di dalamnya disalurkan melalui pipa sepanjang 800 kaki dari Teluk Meksiko.

Proyek ini diperkirakan akan menelan biaya US$1,2 juta. Dana sebesar itu tidak bisa dipenuhi Rudloe seorang diri. Apalagi istrinya, pakar biologi laut Anne Rudloe sedang sakit parah.

Laboratorium Rudloe sendiri merupakan laboratorium nirlaba berlisensi yang mampu menarik sekitar 18 ribu pengunjung per tahun. Sumber dana fasilitas tersebut berasal dari biaya masuk, keanggotaan, dan donasi.

No comments: