12/12/2010

Ada yang Berminat? Google Buka Lebih dari 2 Ribu Lowongan Kerja


Google Inc, perusahaan yang terkenal dengan mesin pencarinya, membuka lebih dari dua ribu lowongan. Selain untuk mendukung rencana ekspansi, lowongan besar-besaran ini juga dibuka sebagai bagian dari ‘perebutan bibit unggul’ dengan rival mereka, Facebook dan Apple Inc.

Sejak September 2010, Direktur Keuangan Google telah menyatakan bahwa industri dunia maya tengah melancarkan ‘perang pencarian bakat’. Menyusul pernyataan ini, pekan lalu Google telah memunculkan daftar berisi 2.076 lowongan di situs mereka. Jumlah lowongan ini enam kali lipat dari kesempatan serupa yang pernah mereka buka pada Maret 2009.

Sebanyak 20 akuisisi sepanjang tahun ini telah membantu Google meningkatkan jumlah pegawai. Yaitu dengan 23 ribu pegawai per September 2010, meningkat 18 persen dibandingkan posisi awal tahun. ‘’Kami lebih meningkatkan rekrutmen dan jumlah lowongan dari semua bidang, dibandingkan tahun lalu,’’ kata Juru Bicara Google, Jordan Newman.

Newman tak bersedia menyebutkan jumlah tepat lowongan yang ditawarkan. Tapi dia mengatakan bahwa daftar yang dimuat di situs mereka sudah komplet dan up to date sekaligus termonitor dengan baik.

Google yang menguasai dua pertiga pasar mesin pencari melalui internet, sedang membidik kesempatan untuk menumbuhkan variasi cabang pasar mereka. Termasuk pasar perangkat lunak (software) telepon pintar Android, iklan online, dan perangkat lunak kinerja berbasis web.

Lowongan besar-besaran untuk bibit unggul di dunia teknologi informasi ini tak terlepas dari persaingan Google dengan Facebook dan Apple Inc. Jejaring sosial Facebook telah menjadi penantang utama Google dalam meraup dolar dari iklan online dan perekrutan bibit unggul di bidang enjinering. Sementara Apple menjadi pesaing yang sama kerasnya bagi Google di pasar telepon genggam, melalui iPhone.

Bulan ini, di lingkungan internal Google telah diumumkan rencana untuk menaikkan 10 persen pendapatan pegawainya. Langkah ini ditengarai sebagai upaya perusahaan ini untuk mempertahankan pegawai terbaik mereka.

Pekerjaan yang saat ini ada di Google, pada umumnya adalah pekerjaan untuk insinyur dan tenaga pemasaran, dengan sekitar separuhnya berada di Amerika Serikat. Sebagian tenaga kerja adalah pekerja lepas, tapi sebagian besar adalah pekerja full-time.

Lowongan baru yang ditawarkan Google, diperluas ke seluruh dunia. Antara lain dari lowongan menjadi spesialis program universitas di Senegal sampai pemain kunci di kantor pusat Google di Mountain View, California, Amerika. Google tengah menghadapi peningkatan pengawasan beberapa tahun ini, terkait dengan peraturan perundangan. Karenanya, mereka menawarkan 50 posisi di seluruh dunia, terkait bidang hukum.

Secara khusus, Google membuka lebih dari 50 lowongan di Cina. Termasuk di dalamnya satu posisi Manager Kegiatan yang bertugas meningkatkan ‘kesadaraan dan penggunaan’ produk Google di negara tersebut.

Ekspansi ke Cina mulai gencar dilakukan sekitar setahun terakhir, setelah Google merelokasi mesin pencari mereka ke Hong Kong. Pemindahan mesin itu sendiri merupakan dampak sikap Google yang menolak tunduk pada ketentuan sensor web dari Pemerintah Beijing.

No comments: