8/09/2010

Operasi Bayi Berkaki Empat Sukses

Tim dokter Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan sukses melakukan operasi pengangkatan terhadap kaki dan tangan parasit di tubuh Riska Salbila, Senin. "Operasi berjalan dengan sukses, tidak ada kendala serius yang dihadapi tim dokter saat mengoperasi bayi berkaki empat Riska, kata Kasubbag Hukum dan Humas Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan (RSUPHAM), Sairi M Saragih.
Ia mengatakan, operasi terhadap putri pasangan Husnul Marpaung (46) dan Anizar Tanjung (42), warga Teluk Binjai, Kualuh Hilir, Labuhan Batu Utara (Labura), Sumut, itu mulai dilakukan pukul 08.00 WIB. Operasi berlangsung selama enam jam di Ruang Operasi Gedung Central Medical Unit Lantai III RSUP HAM dengan melibatkan puluhan dokter spesialis yang berpengalaman dibidangnya masing-masing seperti ahli bedah urologi, jantung anak, orthopedic dan dokter anak.
Menurut dia, saat melakukan operasi, tim dokter memang agak sedikit lama ketika akan melepaskan sendi panggul Riska karena harus ekstra hati-hati sebab jika salah penanganan akan menyebabkan pendarahan. Riska juga memiliki kelainan pada sistem saluran kemih yakni memiliki dua kandung kemih dan tiga ureter sementara untuk rekonstruksi panggul berikutnya akan dilakukan ketika Riska sudah berumur 3 tahun. "Pada operasi berikutnya nanti akan dipilih mana kandung kemih yang bagus dan ureternya, sekaligus rekonstruksi bentuk jenis kelaminnya," katanya.
Sebelumnya, Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUP HAM, Azwan Hakmi, mengatakan, operasi tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan ketua tim adalah Prof dr Munir Lubis SpA dan Prof dr Nazar Sp Orth.  "Kita juga sudah mempersiapkan satu liter darah, trombosit dan prozer plasma untuk persiapan pengoperasiannya. Untuk biaya keseluruhan pengoperasian tahap pertama ini kita memperkirakan mencapai Rp300 juta sampai Rp400 juta," katanya.

No comments: