8/01/2010

Makkah Berbenah Menyambut Ramadhan

Kota suci Makkah mulai bersih=bersih diri untuk menyambut Ramadhan yang diperkirakan datang pada 11 Agustus 2010. Kota itu setidaknya akan mengerahkan 8.470 pekerja untuk membersihkan daerah di sekitar Masjidil Haram.

''Diperlukan tenaga kerja dan peralatan untuk menjamin kebersihan sekitar kawasan pusat kota, di pasar dan daerah pemukiman yang dekat dengan Masjidil Haram yang sering dikunjungi jamaah,'' kata Walikota Makkah, Osama Al-Bar.

''Berbagai komite telah dibentuk untuk memantau wilayah perumahan, pasar dan restoran sehingga para jamaah tiba di Makkah tidak menghadapi kesulitan apapun,'' tambahnya.

Dia menyatakan, tim pembersihan dengan 850 mesin pembersih akan bekerja tanpa henti 24 jam sehari. Tujuh pusat penampungan sampah sementara yang bisa bergerak untuk mengumpulkan sampah juga telah didirikan di daerah-daerah di dekatnya. Perhatian khusus akan diberikan untuk menghilangkan serangga yang menyebarkan penyakit berbahaya.

''Sekitar 200 mesin penyemprotan dipasang di truk akan digunakan untuk memerangi serangga. Enam puluh kotak kompresor akan digunakan dalam zona pusat untuk gerak cepat pembuangan sampah,'' papar Walikota.

''Beberapa tim juga akan mengunjungi pasar-pasar untuk memantau harga barang-barang penting. Mereka juga akan mengunjungi restoran-restoran untuk memastikan pedoman kesehatan dan keselamatan yang dipatuhi, dan memeriksa harga barang-barang yang dijual. Contoh makanan pun akan diambil untuk pengujian,'' jelasnya.

Inspektur Kota juga akan memberikan perhatian khusus terhadap rumah pemotongan hewan untuk memastikan pedoman kesehatan dan keselamatan telah dipenuhi. Pengelola Kota Makkah juga ingin memastikan ternak yang dipotong dalam keadaan sehat. Ada juga komite untuk memastikan pedagang kaki lima berjualan dengan cara yang baik.

Walikota Makkah pun akan mengawasi para kontraktor dipercaya memelihara jalan-jalan, lampu jalan, terowongan, dan jembatan

No comments: