8/06/2010

Menlu Akan Kunjungi Korut dan Korsel



Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa akan mengunjungi Korea Utara dan Korea Selatan dari tanggal 24-28 Agustus mendatang ujar jurubicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, di Jakarta, Jumat.
Namun, Faizasyah mengatakan, pihaknya masih belum bisa mengkonfirmasikan agenda pertemuan Menlu Marty dengan rekan-rekannya dari Korea Utara dan Korea Selatan itu.
"Departemen terkait dari kementerian akan bertemu pekan depan untuk menentukan masalah yang akan bahas oleh Menteri Natalegawa selama kunjungannya ke kedua negara Korea tersebut. Namun, karena kunjungan ini merupakan undangan, ia akan meletakkan agenda bilateral sebagai salah satu utama topik yang akan dibahas," ujar Faizasyah.
Dia mengatakan bahwa Indonesia memiliki hubungan yang baik dengan Korea Utara dan Korea Selatan, dan kunjungan ke dua negara ini akan digunakan untuk mengkonsolidasikan kerjasama yang ada dan membahas tentang masalah-masalah lain yang menjadi perhatian bersama.
"Indonesia memiliki kemitraan strategis dengan Korea Selatan di sektor-sektor seperti ekonomi, perdagangan dan tenaga kerja sementara dengan Korea Utara, kita melihat beberapa kemungkinan kerjasama seperti olahraga dan budaya," tambah Faiza.
Faizasyah masih belum dapat mengkonfirmasi pembahasan agenda mengenai situasi yang memanas di Semenanjung Korea atas tenggelamnya kapal Angkatan Laut Korea Selatan "Cheonan" yang diduga ditenggelamkan oleh pihal militer Korea Utara.
"Saya tidak tahu apakah masalah `Cheonan` akan dibahas dalam pertemuan tersebut, tetapi bisa dimaklumi apabila masalah ini diangkat oleh Korsel terlebih lagi dalam proses penyelamatan awak Cheonan waktu itu ada dua WNI (warga Negara Indonesia) yang meninggal," ujarnya.
Bagaimanapun juga pihak Kementerian masih belum menentukan jadwal penerbangan yang terbaik menuju Korea Utara, karena hanya ada satu penerbangan pulang pergi ke Korea Utara.

No comments: