8/02/2010

Donor Darah Pertama Kali? Minum Segelas Air Dulu



Tak perlu takut untuk mendonasikan darah Anda. Dengan segelas air sebelum donor, maka urusan sedot darah itu Insya Allah bakal lancar adanya.

Kenapa minum dulu? Peneliti dari Palang Merah Amerika Serikat menemukan bahwa 16 ons  air sebelum memberikan darah mengurangi risiko pingsan hingga  20 persen. Penelitian ini menjadi kabar baik bagi Anda dan para peneliti, karena ada kemungkinan akan tingkat retensi yang lebih baik untuk donor darah.

"Jika Anda pingsan setelah memberikan darah, kemungkinan besar Anda tidak pernah memberikan darah lagi. Jika kita dapat mengurangi pingsan dengan 20 persen, kita bisa mengurangi ketidaknyamanan  dan benar-benar meningkatkan jumlah orang yang dapat terus menjadi donor darah," kata David Robertson MD, profesor neurology di Vanderbilt University, dalam sebuah wawancara.

Robertson dan rekan memperhatikan bahwa air meningkatkan aktivitas sistem saraf simpatik juga bertanggung jawab untuk memerangi respons yang membuat Anda lebih waspada, meningkatkan tekanan darah Anda, dan memberi Anda lebih banyak energi. Hal ini membuat Palang Merah Amerika untuk melakukan penelitian sendiri, berharap untuk menemukan kaitan antara air minum dan pingsan, yang sering terjadi karena penurunan tekanan darah.

No comments: